Friday, November 17, 2017

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor Pada Blog Baru

BLog Semproll, Pada setiap blog yang dibuat oleh blogger, visitor pasti yang menjadi tujuan utama. Hal ini dikarenakan visitor adalah pemberi hasil terbaik bagi blog, mengapa demikian?

Baik kita ulas sekilas tentang keuntungan yang kita dapatkan dari visitor blog di artikel Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog.

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor Blog

Ada beberapa keuntungan yang dapat diberikan oleh visitor.

Keuntungan publisitas.

Pada sebuah blog publisitas itu penting, karena memang sebuah blog dibuat rata-rata ingin mendapatkan publisitas/ketenaran, mungkin tidak dalam bentuk publisitas yang seperti selebriti tapi lebih kepada publisitas yang mengacu pada terkenalnya sebuah blog karena berguna bagi pengunjung/visitor blog.

Dalam hal ini biasanya para visitor aka  kembali mengunjungi sebuah blog jika mereka benar-benar merasa bahwa sebuah blog memberi manfaat bagi mereka, sebagai contoh blog tentang kesehatan.
Pada blog kesehatan biasanya orang-orang yang berkunjung akan mencari info-info terkait tentang kesehatan yang mungkin mereka perlukan, nah pada saat mereka mendapatkan info tersebut mereka akan coba mengaplikasikannya atau mencoba info kesehatan tersebut. Saat info kesehatan yang mereka dapatkan itu benar-benar berhasil mereka akan tetap mengunjungi blog tersebut untuk mendapatkan info-info lainnya, bahkan mungkin tidak hanya mengunjungi, bisa jadi justru mereka akan mereferensikan blog tersebut kepada orang lain, baik itu teman ataupun keluarga.

Nah ini termasuk dalam hal promosi, dimana hasil atau manfaat dari sebuah blog memberikan hasil positif bagi visitornya yang akhirnya justru visitor akan mempromosikan blog kesehatan tersebut, dan sudah pasti blog tersebut akan terkenal (mendapatkan publisitas).

Keuntungan Income atau Penghasilan

Setelah sebuah blog terkenal karena mendapatkan publisitas baik itu lewat promosi oleh blogger itu sendiri dan promosi dari visitor yang setia mengunjungi blog, maka seorang blogger bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang (penghasilan) mantap ya.

Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari sebuah blog?
Sebuah blog yang sudah terkenal pasti memiliki pengunjung/visitor yang setia untuk mendapatkan info-info yang mereka butuhkan, lewat pengunjung inilah sebuah blog juga bisa menghasilkan uang.
Caranya cukup mudah, kita selaku blogger hanya perlu menayangkan iklan pada blog yang kita buat.

Tetapi perlu diingat, setiap perusahaan iklan tetap memiliki kriteria yang harus dipenuhi agar mereka (perusahaan iklan) mendapatkan timbal balik dari iklan yang sudah ditayangkan pada sebuah blog, yang mana salah satu kriteria pokok adalah "pengunjung/visitor" dan kriteria-kriteria lainnya.

Jika visitor sudah memenuhi standard untuk penayangan iklan di sebuah blog kita hanya perlu memasang iklan tersebut, dan mulai dapat melihat hasil yang diberikan dari pihak perusahaan iklan.

Cara kerjanya juga cukup sederhana, pengunjung/visitor mengunjungi blog kita lalu mengklik iklan yang kita pasang pada blog, nah setiap klik pada iklan tersebut pasti memberi perhitungan hasil bagi blog kita. Jumlah klik iklan tersebutlah yang akan kita memberikan penghasilan tiap harinya.

Setelah jumlah uang yang kita dapat memenuhi standar untuk dicairkan maka blogger bisa mencairkannya, baik itu secara transfer lewat bank ataupun lewat bank online seperti paypal.

Jadi semakin banyak visitor/pengunjung pada sebuah blog pasti akan memberi keuntungan, baik itu keuntungan dalam bentuk publisitas ataupun keuntungan dalam bentuk materi.

Lalu bagaimana Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog.


Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog dengan membuat artikel yang orisinal.


Sebuah artikel yang menarik haruslah memiliki isi seperti dibawah ini:
Bermanfaat bagi orang banyak.
Info-info yang menarik dan terkini.
Unik dan lucu.
Menginspirasi.

Artikel-artikel yang dibuat juga jangan sampai membuat visitor/pengunjung tidak betah, usahakan artikel yang dibuat sederhana, santai, juga jelas pemaparannya.

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog menggunakan judul yang menarik.


Sebuah artikel akan juga mendapatkan visitor/pengunjung yang lumayan banyak jika kita membuat judul artikel yang memang banyak di cari oleh visitor/pengunjung.

Hal ini disebabkan oleh karena judul yang kita buat pada artikel kita menarik ataupun membuat penasaran.
Tapi sering kali judul menarik tersebut di buat tidak sesuai dengan isi pada artikel, sehingga blog yang dibuat hanya mendapatkan kunjungan ramai sesaat, dan ini tidak baik bagi sebuah blog yang benar-benar ingin mendapatkan publisitas dan penghasilan. Jadi saran saya sebagai penulis, gunakan lah judul yang menarik serta relevan dengan isi artikel.

Pada saat menetapkan judul kita perlu juga untuk melakukan pencarian (riset) kata kunci (keyword) yang akan kita jadikan target.
Sebab kata kunci menjadi acuan utama saat visitor/pengunjung melakukan pencarian di mesin-mesin pencari seperti Google, Bing dan lain-lainnya.

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog dengan pemberian label yang tepat pada artikel.


Percaya atau tidak label pada sebuah artikel juga berpengaruh dalam meningkatkan jumlah visitor/pengunjung pada blog kita.
Mengapa demikian, ini dikarenakan ada sebagian visitor/pengunjung blog yang saat melihat sebuah blog mereka lebih memilih mencari lewat label yang ada di menu sebuah blog, jika mereka menyukai daftar dari label yang telah kita buat pada blog kita dan tersusun secara rapih mereka pastinya akan sangat tertarik membaca setiap artikel-artikel yang telah kita sediakan setiap harinya.

Label ini juga sangat bermanfaat bagi blog yang memiliki fokus pada info-info campuran (blog gado-gado).
Blog ini biasanya dibuat karena pengelola blog lebih tertarik membuat artikel-artikel yang memiliki banyak pembahasan, sehingga pemilik blog akan sangat banyak mendapat kan ide-ide untuk selalu mengupdate isi dari blognya tersebut.

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog memanfaatkan webmaster serta mesin pencari.


Saat kita selesai membuat sebuah artikel pada blog yang telah kita susun sedemikian rupa agar menarik dan rapih untuk dapat dibaca oleh visitor/pengunjung, kita perlu mendaftarkan (submit) alamat dari artikel yang telah kita buat itu di webmaster atau mesin-mesin pencari.

Sebab jika kita tidak mendaftarkan alamat artikel kita tersebut pada webmaster ataupun mesin-mesin pencari, sudah pasti artikel kita akan lama mendapatkan visitor unik yang kita mau.

Hal ini disebabkan masih barunya blog dan artikel yang telah kita buat dan selain itu sudah pasti kita kalah bersaing dengan blog-blog yang sudah lebih dulu ada dari blog kita.

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog melalui sarana media sosial (social bookmarking)


Saat ini sangat sering kita lihat banyak para pengguna media sosial membagikan tautan-tautan pada akun media sosial, baik itu hanya tautan untuk sekedar hiburan atau tautan-tautan penting seperti tautan berita terkini.

Pada tautan-tautan tersebut biasanya berisi sebuah artikel atau video dari suatu situs/blog.
Sebagai blogger kita bisa memanfaatkan situs media sosial ini sebagai sarana berpromosi blog kita.

Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog menggunakan backlink yang terpercaya


Blog kita membutuhkan visitor/pengunjung unik (visitor/pengunjung dari pencarian mesin pencari) mengapa unik?
Menjadi unik karena blog kita didatangi bukan karena share di sosial media, tetapi karena kita membagikannya di situs-situs yang memang menjadi target kita sebagai umpan balik atas kunjungan visitor/pengunjung pada blog/situs lain.

Biasanya backlink ini akan memberikan visitor/pengunjung dengan nilai klik yang besar bagi iklan yang kita pasang dan ini juga akan meningkatkan statistik dari kunjungan-kunjugan para visitor/pengunjung blog.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah, apakah situs/blog tersebut yang kita jadikan backlink adalah situs/blog yang masih aktif keberadaannya, jika iya maka kita akan mendapatkan timbal balik yang bagus, tetapi jika tidak justru akan membuat blog kita tidak naik-naik statistiknya.

Semoga ulasan artikel Cara Terbaik Meningkatkan Visitor  Pada Blog ini dapat membantu teman-teman blogger yang masih baru akan menggeluti dunia blogging ini.

Disini admin BLog Semproll juga masih pemula dalam dunia blog, dan pemaparan isi dari artikel ini pun tidak dilakukan secara teknis, tetapi di uraikan dalam bahasa awam yang saya harap dapat dimengerti oleh sesama pemula.

Untuk referensi-referensi lain-lainnya nanti silahkan di bookmark alamat BLog Semproll, karena saya akan terus mengupdate artikel di BLog Semproll ini, dengan demikian kita sebagai pemula dalam dunia blogging bisa memahami betul bagaimana cara mengelola sebuah blog yang dapat menghasilkan bagi seorang blogger pemula.
Terima kasih.