Thursday, September 14, 2017

Cara Membuat Blog Yang Memenuhi Standar Google Adsense

Tags

BLog Semproll, Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak cara untuk dapat mendapatkan penghasilan dari internet, mulai dari menjual barang dagangan secara online ataupun menjadi pekerja google dibagian periklanan.


Cara Membuat Blog Yang Memenuhi Standar Google Adsense
Cara Membuat Blog Yang Memenuhi Standar Google Adsense

Berkembang pesatnya cara mendapatkan penghasilan dari internet ini tidak terlepas dari sebuah situs ataupun sebuah blog, ya sebuah situs ataupun blog itu berfungsi sebagai alat ataupun wadah untuk kita mempromosikan, menjual ataupun membagikan apa yang kita ketahui atau miliki ke kalangan publik di internet.

Sekarang saya akan memberikan sedikit panduan bagaimana membuat atau membangun sebuah blog sederhana yang pastinya disukai oleh google.

Kenapa harus disukai oleh google, alasannya sangat sederhana "agar blog kita selalu muncul saat para penikmat internet membutuhkan info tentang usaha atau apapun yang kita bagikan".

Baca:



Nah cara yang akan saya bagikan ini tidaklah sulit, karena ini adalah cara yang paling mudah dimengerti bagi seorang pemula.

Baiklah berikut ini adalah Cara Membuat Blog Yang Memenuhi Standar Google Adsense

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat akun google

Pertama silahkan buat akun google dengan cara membuat email (GMAIL) di http://mail.google.com, akun google ini terintegrasi langsung dengan blog yang nantinya akan kita buat.
Akun gmail ini juga berfungsi sebagai alat untuk kita mengetahui pemberitahuan-pemberitahuan dari pihak google terkait blog kita.

2. Mendaftar atau membuat blog


Pada tahap ini kita hanya tinggal memasukan data akun email dan pasword yang telah kita daftarkan dan dapatkan dari google. Untuk bisa masuk ke akun blog kita silahkan masuk ke http://blogspot.com .

Setelah itu kita harus membuat data-data yang diperlukan bagi blog, lengkapi dengan judul blog (nama blog) Contoh "Rudy Blog" yang kita inginkan, serta membuat alamat url yang kita kehendaki, contoh http://rudy.blogspot.com
Alamat blog berfungsi sebagai akses masuk para pengunjung atau konsumen kita nantinya.

Lengkapi pula dengan bagian deskripsi, ini menjelaskan blog kita memberikan manfaat apa bagi para pengunjung/konsumen blog kita.

3.  Membuat Domain blog


Kita perlu memiliki domain blog kita pribadi, dengan domain blog kita akan dipandang lebih profesional dalam pengelolaan sebuah blog, dan ini juga yang akan membuat pengunjung blog lebih mudah mengingat alamat blog kita.

Misalkan, kita memiliki sub domain http://rudy.blogspot.com akan lebih unik jika kita mendaftarkan domain seperti http://rudyblog.com atau http://rudyblog.net

Tapi saran saya sebagai penulis, jika anda masih belum banyak mengerti tentang dunia blogging, lebih baik menggunakan domain gratisan seprti http://rudyblog.tk
Domain gratisan bisa kalian dapatkan di http://freenom.com (penyedia domain gratisan bagi para blogger pemula)

Tapi jangan takut walaupun gratisan domain yang kita dapat dari freenom tetap diakui sebagai Top Level Domain oleh google, soo tidak perlu berkecil hati walaupun gratisan, yang penting kita tetap konsisten membagikan artikel-artikel yang bermutu.

Karena bagi google dan pengunjung blog, artikel yang memiliki manfaat pasti akan lebih digemari, dan akan selalu ditunggu berita terbarunya.

4.  Membuat kelengkapan blog


Ada beberapa tahapan pada bagian kelengkapan blog ini, yang mana pada tahapan bertujuan agar blog kita mudah dikunjungi oleh para pengunjung atau konsumen yang menjadi sasaran kita.

  • Pemilihan template yang responsive

Pemilihan template yang responsive bertujuan agar blog kita ringan dan mudah serta cepat diakses. Template juga berfungsi agar blog kita menarik serta terlihat bagus yang membuat pengunjung atau konsumen blog kita betah mengunjungi blog kita.

Template inipun nantinya akan memudahkan kita melakukan pemasangan periklanan adsense pada blog kita dan pastinya akan sangat disenangi juga oleh pihak adsense.

  • Membuat About me (Tentang penulis blog)

About me/ Tentang penulis ini sangat penting agar pengunjung blog kita tahu dan mengenal siapa pemilik blog yang mereka kunjungi atau mereka jadikan tempat mendapatkan info yang menurut mereka penting.

  • Membuat Contact us (Hubungi kami)

Jika kita menjual produk atau pengajaran (tutorial) pastinya kita akan sangat senang jika para pengunjung blog memberikan respon pada setiap artikel-artikel yang kita bagikan dan pastinya kita harus menyertakan bagaimana cara agar kita dapat dihubungi oleh para pengunjung atau pembaca di blog kita.

Bagi para blogger yang menjual produk biasanya mereka akan menyertakan email serta nomor telephone yang bisa dihubungi terkait pengetahuan detail tentang produk kita, juga jika pembeli ingin melakukan pemesanan akan jauh lebih mudah pastinya.

  • Membuat Privacy and Policy

Bagian ini menjelaskan bahwa kebijakan-kebijakan yang terkait privasi blog kita.
Biasanya ini terkait dengan kebijakan yang diberikan google agar blog kita tidak mencemari nama baik dari google serta sipemilik blog juga, bagi blog yang mengijinkan periklanan diblog mereka biasanya akan di larang jika isi dari konten atau artukel blog itu mengandung ujaran kebencian, pornografi, serta unsur sara.

  • Membuat Disclaimer

Bagian ini pun kurang lebih memiliki tujuan yang serupa dengan Privacy and policy blog.

  • Membuat Sitemap (Peta Situs)

Dalam hal membangun blog kita diwajibkan untuk membuat sitemap (Peta situs) agar para pengunjung dan pembaca setia artikel kita mengetahui bahwa konten atau artikel kita selalu up to date atau selalu di perbaharui secara berkala.

Hal ini akan selalu menjadi bagian penting jika para pengunjung atau pembaca di blog kita memang menantikan hal baru yang selalu kita bagikan, baik itu terkait produk atau hanya sekedar tips yang kita berikan bagi pengunjung blog.

5. Mendaftarkan Blog pada Webmaster google

Perlu diingat dengan benar dan hati-hati urutan-urutan yang saya buat ini, karena ini adalah panduan yang benar Cara Membuat Blog Yang Memenuhi Standar Google Adsense.

Setelah ke empat tahapan diatas benar-benar telah kita buat, baru kita mendaftarkan blog kita pada webmaster google, mengapa demikian...?

Alasannya sangat sederhana, karena jika kita melongkap urutan yang ada diatas maka pihak google menilai bahwa blog kita masih dalam tahapan pembangunan, dan ini yang akan menghambat kesuksesan penerimaan akun adsense yang akan menjadi sasaran atau tujuan utama kita.

Sebagai contoh:

Jika kita sudah mendaftarkan blog kita pada webmaster tanpa memiliki contact us lalu kita baru melengkapinya maka pihak google akan kembali menjelajahi blog kita dari awal, ini sama dengan kita melakukan kerja dua kali.

Pada tahapan ini ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar kinerja blog kita mudah di jelajahi google.

  • Silahkan membuka halaman https://www.google.com/webmasters/ untuk mendaftarkan blog anda.

  • Lakukan submit homepage blog yang telah kita buat, homepagenya adalah alamat blog yang telah kita buat dengan domain pilihan kita.

  • Lalu buka halaman CRAWL, ini bertujuan blog kita mudah dijelajahi google dan semua kelengkapannya lengkap

  • Pilih fetch as google

  • Lalu pada pilihan desktop silahkan langsung klik fetch.


Lakukan klik desktop kedua dengan memasukan lanjutan url ini: feeds/post/default pada kolom menu yang keluar saat kita klik desktop lalu fetch.

Lakukan klik MOBILE dengan memasukan lanjutan url ini: ?m=1 pada kolom menu yang keluar saat kita klik Mobile lalu fetch.

  • Lakukan submit sitemap dengan klik sitemap dan tambahkan lanjutan url: sitemap.xml pada kolom menu yang muncul saat kita mengklik sitemap.

6. Membuat artikel


Selesai semua langkah diatas maka saatnya kita mulai mengisi blog kita dengan artikel-artikel yang telah kita siapkan.

Kalau anda benar-benar melakukan melakukan langkah-langkah sesuai yang saya buat maka anda tidak perlu lagi melakukan submit url artikel seperti yang banyak orang lakukan, karena google sudah tidak lagi menjelajahi bagian kelengkapan blog kita, tapi akan langsung mengindeks artikel-artikel kita secara otomatis tanpa perlu lagi repot mendaftarkan url artikel atau konten kita.

7. Membuat akun ADSENSE


Pada tahapan ini saya sangat menyarankan anda untuk benar-benar perhatikan langkah ini.

Buatlah email atau akun google yang baru, mengaps demikian...???
Hal ini harus anda lakukan agar akun google benar-benar tidak tercampur dengan akun blog kita, dan ini juga untuk menghindari penutupan/banned jika blog kita bermasalah terkait privacy and policy yang kita buat.

Jika blog kita di kunci oleh pihak google oleh karena sebab yang mungkin kita tidak ketahui, maka akun adsense yang telah kita buat dan telah disetujui tetap selamat dari penguncian pihak google.

Lengkapi semua data yang diminta oleh pihak adsense


mulai dari:

  • Blog atau situs yang kita ingin daftarkan.
  • Alamat lengkap sesuai dengan identitas.
  • Pemasangan awal kode iklan yang bertujuan apakah blog kita layak untuk dipasangi iklan oleh pihak adsense, biasanya proses ini paling lambat dua minggu, pling cepat tiga sampai satu minggu.
  • Selama proses review setelah pemasangan kode iklan silahkan update artikel blog anda minimal satu artikel setiap harinya, dengan catatan memiliki 300 jumlah kata, mengapa demikian, karena google senang dengan detail sebuah artikel blog.
  • Selama proses review jangan sekali-kali anda mengganti template blog, karena ini akan berakibat ditolaknya blog kita.

Artikel terkait: Cara Menempatkan Code Adsense Saat Pengajuan Adsense

Demikian lah Cara Membuat Blog Yang Memenuhi Standar Google Adsense.

Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi anda yang benar-benar ingin membangun sebuah blog yang menghasilkan hasil yang bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya pada blog tutorial sederhana saya ini.

This Is The Oldest Page